Pengertian Internet - Manfaat Internet

Manfaat Internet, Fungsi Internet, Pengertian Internet. Untuk saat ini Internet sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat dunia, mengingat internet merupakan jendela dunia informasi, terlebih bagi mereka yang menggunakan internet sebagai alat bisnis, mencari teman, mencari uang, atau sekedar mencari hiburan, serta segala aktivitas yang membutuhkan media online.

Seperti apa yang telah kita ketahui, bahwa dewasa ini perkembangan teknologi internet yang semakin canggih yang tentunya keberadaan internet sangat penting dalam menuju era digital dalam usaha untuk membawa perubahan kemajuan di bidang teknologi, informasi dan komunikasi.

Untuk itu, sebagai pengguna internet setidaknya sedikit banyak kita juga harus mengetahui tentang pengertian dan manfaat Internet supaya fasilitas internet dapat kita gunakan dan kita manfaatkan secara maksimal.

Pengertian Internet.
Internet adalah singkatan dari Internet Networking yang merupakan jaringan komunikasi global terbuka yang sangat luas di seluruh dunia, internet dapat terkoneksi melalui berbagai media komputer, tablet, handphone, dan lain-lain yang jumlahnya jutaan hingga milyaran.

Media yang digunakan untuk akses internet adalah dengan menggunakan saluran komunikasi seperti telepon dan satelit, dan sebagai protocol pertukaran data untuk saling berbagi informasi dengan menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol atau lebih dikenal dengan TCP/IP.

Pertama kali Internet dibuat hanya sebuah Jaringan Komputer yang ditujukan untuk keperluan Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut ARPANET.

Tetapi seiring dengan majunya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, internet dapat dinikmati oleh semua orang.

Dan seperti yang bisa kita lihat sampai saat ini dimana teknologi internet telah berevolusi sangat pesat dan menjadi sebagai media sumber informasi dunia yang tak terbatas.


Manfaat Internet.
1. WWW.
World Wide Web atau disingkat WWW berfungsi untuk melakukan pencarian untuk memberikan informasi kepada kita.

2. Email.
Email atau surat elektronik (surel) dapat digunakan sebagai alat pengirim pesan antara pengguna komputer si seluruh dunia, selain itu setiap kita akan melakukan aktivitas internet selalu membutuhkan Email misalnya.

Untuk itu bagi anda yang sering menggunakan internet dalam beraktivitas sudah seharusnya memiliki Email, karena banyak sekali layanan online yang menyediakan email secara gratis, misal yahoo, gmail, hotmail, dan lain sebagainya.

3.BBS.
BBS atau Bulettin Board System adalah fasilitas yang menyediakan layanan pusat informasi seperti pendidikan, bisnis, teknologi, dan lain-lain.

4. Chatting.
Fasilitas Chatting yang disediakan internet memungkinkan kita untuk melakukan percakapan dengan dua atau lebih pengguna komputer secara langsung.

5. Mailing List.
Mailing List atau disebut juga milis adalah fasilitas internet yang dapat digunakan untuk melakukan diskusi pada sebuah group atau forum.

6. FTP.
FTP atau File Transfer Protocol adalah fasilitas internet yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk saling bertukar file dalam suatu Server.

7. Newsgroup.
Newsgroup adalah fasilitas internet untuk melakukan diskusi seperti halnya Mailing List, tetapi untuk bergabung pada Newsgroup dibutuhkan jaringan komputer khusus atau umum disebut UseNET.

8. Ghopper.
Ghopper adalah layanan internet yang khusus dirancang keperluan distribusi, pencarian, serta pengambilan dokumen pada jaringan internet dengan memanfaatkan Transmission Control Protocol / Internet Protocol atau TCP/IP.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai artikel tentang Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Internet.
Comments


EmoticonEmoticon