Cara Menonaktifkan HTTPS Blogger / Blogspot

Cara Mematikan HTTPS Blogger / Blogspot. Tepat tangal 04 Mei 2016, akhirnya Google telah menepati janjinya untuk membawa semua blog dengan sub domain blogspot menggunakan layanan sambungan terenkripsi yaitu fitur HTTPS, yang artinya mulai saat ini semua pengguna blogspot akan selalu memiliki versi fitur sambungan yang aman.

Sebelumnya blogspot hanya bisa diakses melalui sambungan http://nama blog.blogspot.com, dan dengan adanya penambahan fitur https, maka mulai saat ini semua blog dengan sub domain blogspot secara otomatis sudah selalu memiliki versi https://nama blog.blogspot.com.

Fitur HTTPS adalah sebuah layanan protocol yang digunakan oleh peramban web atau browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer (IE), dan media browser yang lain, untuk dapat berkomunikasi melalui jaringan internet antara client dan web server.

Sebenarnya, layanan HTTP dan HTTPS memiliki fungsi yang sama, akan tetapi layanan https memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan layanan http, misalnya dengan menggunakan fitur https blog atau situs akan memiliki kinerja yang lebih baik terutama untuk masalah SEO, dan yang paling penting untuk diketahui adalah, tentunya untuk tingkat keamanan data pengguna lebih terjamin.

Manfaat Sambungan HTTPS.
Dengan menggunakan layanan HTTPS, tentu keamanan data lebih terjamin, mengingat data yang di transfer melalui HTTPS terlebih dahulu melewati Transfer Layer Security, maka kita sebagai pengguna blog dengan sub domain blogspot akan mendapatkan beberapa manfaat seperti:

1. Membantu mengamankan data pengguna saat menjelajahi situs web dari penyalahgunaan data, seperti penyadapan aktivitas yang di lakukan pengguna serta mencuri data informasi dari pengakses situs.

2. Memiliki nilai plus di mata search engine, mengingat sambungan https merupakan salah satu faktor penentu peringkat di halaman pencarian, yang tentunya situs atau blog lebih SEO.

3. Membantu dalam mencegah perubahan data saat transfer data sedang berlangsung, untuk lebih jelasnya silahkan kunjung bantuan Google tentang Mengamankan Situs Dengan HTTPS.

Dengan melihat beberapa manfaat yang di berikan oleh layanan https tentu ini sangat bagus dalam menjamin keamanan data bagi pengguna internet atau pengakses situs, akan tetapi jika blog atau situs yang kita kelola belum sepenuhnya mendukung sambungan https, tentunya ini juga sedikit menjadi masalah jika kita tetap menggunakan sambungan terenkripsi https.

Pengalaman setelah menggunakan HTTPS.
Setelah google mengumumkan adanya ketersedian https untuk blogspot pada bulan september 2015, yang mana bagi blog yang menggunakan sub domain blogspot memungkinkan untuk menggunakan fitur https sehingga blog dapat diakses melalui sambungan https://<nama blog>.blogspot.com,

Dengan mempertimbangkan kelebihan yang dimiliki https, maka saya langsung mencoba mengaktifkan fitur https dengan harapan blog lebih SEO, tetapi berhubung template blog dan script pihak lain yang saya gunakan masih belum sepenuhnya mendukung sambungan https, maka yang terjadi adalah tampilan blog malah tidak karuan atau amburadul.

Sebagai contoh, seperti perubahan jenis font untuk semua elemen blog kembali ke font default blogger, dan yang lebih celaka lagi jika kita menggunakan kode iklan yang belum mendukung https, maka iklan tidak bisa ditampilkan atau iklan tidak tampil.

Namun begitu permasalahan yang terjadi pada template blog sebenarnya juga bisa diatasi, tetapi untuk menjadikan semua atau sepenuhnya elemen blog mendukung sambungan https sehingga blog atau situs dapat bekerja lebih maksimal setidaknya membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Hanya saja untuk masalah iklan, jika anda memutuskan untuk menggunakan layanan https maka anda diwajibkan untuk memilih jenis layanan iklan yang sudah support https, kecuali jika anda menggunakan iklan Google Adsense yang sudah tentu mendukung https.

Sebelumnya saya sudah posting artikel tentang bagaimana Cara Mengaktifkan HTTPS Blogger, namun dengan mengalami kejadian tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk Menonkatifkan Fitur HTTPS Blogspot untuk sementara waktu sambil memperbaiki script dan elemen yang tersimpan dalam template blog supaya sepenuhnya mendukung sambungan HTTPS, dan jika anda ingin menonaktifkan fitur https blogger, silahkan ikuti pentunjuk dibawah ini.

Cara Mematikan Fitur HTTPS Blogspot / Blogger.

1. Silahkan login blogger.com.
2. Selanjutnya, lakukan setingan blogger sebagai berikut.
  1. Pada menu utama blogger, silahkan pilih Setelan.
  2. Kemudian klik Dasar.
  3. Lalu fitur pada Pengalihan HTTPS silahkan pilih Tidak.


4. Selesai.

Note :
Menonaktifkan Fitur HTTPS Blogspot seperti diatas hanya berfungsi untuk menampilkan situs secara default menggunakan HTTP, sedangkan situs / blog tetap bisa diakses melalui HTTPS, mengingat bahwa mulai saat ini blog dengan sub domain blogspot secara otomatis akan selalu memiliki versi HTTPS.

Demikian artikel tentang Fitur HTTPS Blogspot yang bisa saya bagikan.
Comments


EmoticonEmoticon