Cara Mengatasi Masalah Ads.txt Adsense

Cara Mengaktifkkan Ads.txt Adsense di Blogger. Sebenarnya platform blogspot / blogger sudah lama menyediakan fitur ads.txt, yang mana fitur tersebut berfungsi untuk memungkinkan pengguna blogspot agar bisa menambahkan atau edit metode preferensi sesuai kebijakan pengembang blogspot, yaitu Google.

Dan di awal tahun 2018, fitur ads.txt benar-benar harus di digunakan bagi seluruh publisher adsense sebagai tempat meletakkan kode canggih iklan adsense yang berfungsi untuk memberikan kemudahan penayang iklan adsense dalam memberikan penjelasan kepada calon pembeli produk atau pengguna jasa terhadap barang / jasa yang ditawarkan melalui iklan.

Jika penayang membuat ads.txt, pembeli (pemasang iklan) akan dapat lebih mudah mengidentifikasi Penjual Digital Resmi sehingga memiliki kepercayaan bahwa pembeli telah membeli inventaris penayang asli dan bukan penayang palsu yang mungkin dapat merugikan.

Sebagai contoh, Google Adsense merupakan salah satu penerbit iklan digital yang ditayangkan oleh publisher adsense di situsnya. Jika publisher membuat ads.txt di domain yang dipasangi iklan adsense, maka pemasang iklan yakin bahwa iklan di situs tersebut memang berasal dari Google Adsense. Karena bisa saja iklan mirip, namun bukan dari Google adsense.

Untuk itu, bagi penayang iklan adsense yang belum mengaktifkan ads.txt blogger atau platform lain, maka secara otomatis pada beranda / dashbor akun adsense akan mendapatkan pesan seperti dibawah ini.

"Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda".

Pengertian Ads.txt.
Ads.txt atau Authorized Digital Sellers (Penjual digital resmi) merupakan sebuah inisiatif canggih dengan menggunakan metode sederhana yang diluncurkan oleh IAB atau Interactive Advertising Bureau Tech Lab.

Penyebab Munculnya Pesan Ads.txt.
Ads.txt berfungsi untuk memberikan transparansi dalam program iklan, khususnya periklanan online melalui media internet dengan menggunakan metode yang sederhana, fleksibel dan aman yang dapat digunakan oleh penerbit dan distributor untuk menyatakan bahwa mereka memiliki otorisasi untuk menjual inventaris digital mereka secara publik.

Akibat Yang Mungkin Timbul Dari Masalah Ads.txt Untuk Google Adsense.
Penggunaan ads.txt bersifat tidak wajib, namun sangat direkomendasikan, menginat File ads.txt dapat membantu pembeli mengidentifikasi inventaris palsu dan membantu Anda menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang pada kasus lain mungkin mengarah ke inventaris palsu.

Dengan demikian jika menerima warning tentang ads.txt seperti di atas namun iklan adsense masih tampil, dapat diabaikan, nanti akan hilang sendiri. Namun jika iklan tidak muncul, maka pembuatan ads.txt wajib dilakukan. Jika tidak, maka iklan akan tetap tidak tampil sehingga pendapatan jelas tidak ada (seperti iklan yang dipasang pada situs yang belum di-otorisasi.

Bagaimana Cara Membuat Ads.txt.
Bagi pengguna blogger, ads.txt sudah disediakan oleh blogger, jadi kita tinggal menyalinnya saja, misal kode Ads.txt yang di buat Google adalah sebagai berikut:

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0.

Atau jika ingin membuat sendiri cukup dengan membuat file teks dengan nama ads.txt yang diletakkan pada domain utama dengan format:

Kode penerbit iklan, kode ID penayang, kode status dan kode unik.

Dimana Letak Memasang Ads.Txt.
Ads.Txt harus di pasang atau diletakkan di root domain utama, misalnya anda memiliki beberapa situs yang menayangkan iklan adsense, maka Ads.txt cukup dipasang pada domain utama saja atau domain yang digunakan untuk mendaftar Adsense.

Sedangkan blog / website yang memiliki subdomain tidak perlu dipasang file Ads.txt, atau dengan kata lain Ads.txt tidak dapat diletakkan pada root subdomain.

Cara Memperbaiki Masalah Ads.Txt di Blogger.
Untuk mengatasi masalah munculnya pesan Ads.txt Adsense, sebetulnya sangat mudah jika kita lebih teliti, mengingat pihak Google sendiri sudah memberikan tutorial yang jelas untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun begitu bagi kita yang sudah gugup dengan adanya peringatan "Penghasilan Anda beresiko - Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda, maka kita menjadi bingung sehingga sulit menemukan solusinya.

Baiklah, bagi anda yang masih mengalami masalah Ads.Txt dan ingin segera mengatasinya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mengatasi Peringatan Ads.txt Google Adsense di Blogger.
Langkah Pertama:
Silahkan buka Akun Adsense, lalu klik "Aksi" pada peringatan Google Adsense di Dashboard, kemudian copy kode yang berada di kolom peringatan.


Langkah Kedua:
Silahkan login Blogger, kemudian pilih blog domain utama atau domain yang digunakan untuk mendaftar Google Adsense, berikutnya klik Setelan, lalu klik Preferensi Penelusuran, selanjutnya pada bagian Monetisasi, silahkan aktifkan fitur Monetize Ads.txt dengan cara klik Edit.


Langkah Ketiga:
Silahkan pilih Ya lalu masukkan kode Ads.txt Adsense yang sudah di copy tadi ke kolom yang sudah disediakan, lalu klik Simpan Perubahan.


Tahap selanjutnya, anda tinggal tunggu hingga 24 jam hingga terdeteksi oleh Google Adsense, namun sesuai pengalaman pesan peringatan Ads.tx Adsense baru menghilang dari dashbor Akun Adsense setelah 48 jam atau tepat setelah 2 hari kita mengaktifkan kode Ads.txt Adsense pada Ads.txt custom.

Jika berhasil maka pesan peringatan keslahan Ads.txt pada beranda Akun Adsense akan menghilang atau bagi anda yang mengalami iklan yang tadinya tidak tampil (blank), maka secara otomatis iklan Adsense akan muncul kembali.

Untuk mengetahui apakah Ads.txt sudah aktif, anda bisa cek di tab pencarian browser dengan link seperti ini.
http://www.nama_domain.com/ads.txt

Bagi anda yang memiliki blog dengan sub domain dari domain utama, anda tidak perlu mengaktifkan Ads.txt atau dengan kata lain cuukup hanya di blog dengan domain utama atau alamat blog yang digunakan untuk daftar adsense saja yang diaktifkan.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang bagaimana Cara Mengatasi Ads.txt Adsense Di Blogger.
Comments


EmoticonEmoticon