Bukti Pembayaran Adsense Transfer Bank Lokal

Proses Pembayaran Adsense dan Bukti Adsense Sudah Transfer ke Bank lokal, Berapa Lama Uang dari Adsense masuk ke Rekening Bank Lokal ?.

Mungkin pertanyaan-pertanyaan semacam itu akan selalu melekat di hati para blogger yang akan menerima komisi dari Google Adsense untuk yang pertama kalinya.

Sebagai publisher baru dari layanan iklan adsense tentu saja pernah merasa bingung ketika akan menerima upah pertama yang dikirim melalui bank, terlebih pada pemain baru adsense seperti saya ini yang mempelajari adsense secara otodidak tanpa adanya bimbingan langsung dari orang yang berpengalaman tentang bagaimana cara daftar dan menerima pembayaran adsense.

Dengan segala keterbatasan pengalaman adsense yang saya miliki, maka yang bisa saya lakukan hanyalah mencari informasi dari internet tentang proses pembayaran adsense serta bagaimana cara mencairkan pembayaran melalui transfer bank lokal.

Dari berbagai macam informasi yang saya dapatkan dari internet, malah membuat saya jadi bingung, bagaimana tidak tambah pening mengingat banyak versi perdebatan tentang sistem pembayaran adsense yang Katanya sulit dilakukan, misalnya banyak yang menyebutkan bahwa:
  • Pembayaran Adsense via Bank Lokal yang ribet dan bertele-tele?.
  • Pihak bank lokal meminta fee yang sangat besar dari pembayaran adsense, sehingga kita sebagai Publisher benar-benar dirugikan.

Apakah semua opini tersebut benar atau hanya berita bohong yang bikin tambah runyam, sedangkan di artikel lain saya juga pernah menemukan sebuah artikel yang menyatakan bahwa pembayaran adsense sangat mudah dilakukan mengingat banyak metode pembayaran yang dapat dipilih sesuai keinginan publisher.

Untuk mengetahui jawabannya, anda bisa melanjutkan membaca artikel yang sudah saya siapkan dibawah ini lengkap dengan gambar sehingga kita memiliki dasar yang kuat sebelum membuat pendapat.

Melalui tulisan ini saya akan menceritakan tetang proses pembayaran Adsense melalui transfer bank lokal, berapa lama uang adsense sampai bank lokal, serta syarat apa saja yang dibutuhkan agar kita dapat mencairkan uang dari adsense ke rekening bank lokal, sekaligus bagaimana saya menerima pembayaran adsense untuk yang pertama kalinya.

Sesuai pengalaman saya pribadi, setiap ada perubahan apapun tentang Adsense, maka pihak Google selalu memberitahukan kepada Pubslisher via email, termasuk masalah status pembayaran komisi yang didapatkan oleh publisher Adsense, ataupun segala sesuatu yang berhubungan dengan Akun Adsense, dan salah satu contohnya adalah email pemberitahuan tentang pembayaran komisi adsense seperti dibawah ini.


Gambar diatas merupakan email pemberitahuan Google tentang pembayaran komisi Adsense kepada saya sebagai seorang Publisher, selanjutnya saya buka email pemberitahuan tersebut, dan seperti inilah isinya.


Ternyata isinya adalah bahwa pihak adsense sudah mengirimkan uang pembayaran atau sudah transfer komisi Adsense saya ke rekening bank lokal yang telah saya daftarkan dan sudah di verifikasi, dan itu dilakukan pada hari Jum'at 21 Desember 2018.

Kemudian, untuk melihat kebenarannya, saya langsung buka akun Google Adsense saya, dan hasilnya memberikan keterangan, bahwa dibawah saldo akun adsense tertera keterangan tentang Pembayaran terakhir sebesar IDR 1,654,830.00 seperti yang tampil pada gambar dibawah ini.


Selain itu, bagian menu Pembayaran Akun Adsense juga sudah tertera pula pemberitahuan, bahwa Pembayaran terakhir dikeluarkan pada 21 Des sejumlah Rp. 1.654.830.00


MANTAP...
Perlu diketahui, bahwa dalam hal ini rekening yang saya gunakan untuk menerima pembayaran adsense adalah Bank Central Asia atau di singkat BCA, selanjutnya untuk membuktikan bahwa Google sudah transfer, maka saya pun langsung cek saldo rekening BCA melalui M-banking BCA.

Namun alangkah terkejutnya saya setelah mendapatkan kenyataan, bahwa ternyata uang transfer dari Google belum masuk ke rekening atau tidak ada transfer dari Google Adsense.

Tidak percaya dengan hal ini, maka setiap hari mulai 21 Desember hingga tanggal 25 Desember 2018 saya sangat rajin untuk membuka laporan bank BCA, namun hasilnya tetap sama, yaitu tidak saya temukan ada tulisan Google Adsense pada bagian mutasi rekening.

Dengan adanya kejadian tersebut, maka muncullah berbagai dugaan dalam pikiran saya. Apakah Adsense ini cuma bohong?, tapi sepertinya sangat tidak mungkin jika perusahaan raksasa sebesar Google membohongi publisher hanya untuk uang sebesar IDR 1,654,830.00

Dalam kebimbangan tersebut saya hanya bisa pasrah, mengingat sesuai pernyataan Google, jika dalam 5 hari uang belum masuk rekening bank lokal atau belum diterima, maka pihak publisher wajib menanyakan langsung masalah tersebut ke pihak bank yang bersangkutan.

Sedangkan saat itu saya lagi ada tugas kerja di sebuah pedalaman luar pulau yang tentu saja saya tidak sempat lagi untuk mengurusi masalah tersebut, apalagi menanyakan langsung ke pihak bank setempat.

Dalam kegalauan ini, saya hanya bisa menerka-nerka saja, apakah ini ada hubungannya dengan hari jum'at beserta rangkaian hari libur natal yang dilanjutkan dengan hari libur Tahun Baru 2019.

Hal semacam ini mengingat saya kembali seperti yang pernah saya alami pada pembayaran paypal yang mengalami keterlambatan hingga 11 hari akibat bank lokal tutup ketika cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, padahal biasanya untuk transfer uang dari paypal ke bank lokal hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari.

Baca Juga.

Selanjutnya untuk mendapatkan kepastian tentang staus pembayaran adsense, saya hanya bisa menunggu, namun karena ada pemberitahuan bahwa pembayaran gaji di perusahaan tempat saya bekerja di majukan, maka saya cek kembali rekening BCA pada 28 Desember 2018.

Dan ternyata selain gaji saya masuk, uang transfer dari adsense juga sudah masuk ke rekening pada tanggal 26 Desember 2018, dan detailnya bisa anda lihat seperti di bawah ini.


Dari kejadian diatas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa penyebab uang transfer Google tidak segera masuk rekening bank lokal adalah.
  • Transfer Adsense belum masuk ke rekening saya, bukan karena kesalahan pihak Adsense, tapi karena terputus oleh jam kerja resmi BCA yang sudah tutup sejak Jumat dan akan buka lagi pada hari Senin, Artinya untuk proses kiriman uang antar negara pada hari Jum'at hingga Minggu tidak terjadi proses update mutasi.
  • Pada hari Senin tanggal 24 Desember 2018 seharusnya mutasi rekening bank sudah bisa dilakukan, namun tetap terkendala karena bertepatan dengan Cuti Bersama Hari Raya Natal.
  • Pembayaran yang saya terima dari Adsense sama persis dengan apa yang tertera di laporan komisi Akun Adsense yaitu Rp.1,654,830.00, atau dengan kata lain semua biaya transfer adsense ke bank lokal sudah di tanggung penuh oleh pihak Google Adsense, jadi publisher terima bersih.

Dengan bukti semacam ini, maka segala mitos tentang pembayaran Adsense yang tidak jelas bisa terjawab, karena saya sudah buktikan sendiri, beginilah faktanya.

Selanjutnya bagi anda yang ingin Agar Pembayaran Adsense Otomatis Masuk ke Rekening Bank Lokal, maka bisa membaca artikel tentang.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan mengenai artikel tentang bagaimana proses pembayaran dan bukti Google Adsense sudah transfer ke bank lokal.
Comments


EmoticonEmoticon